Categories
Pendidikan

Pentingnya Pendidikan Karakter

Pentingnya Pendidikan Karakter

Pentingnya Pendidikan Karakter
Bahkan, selama ini, tanpa disadari, terutama semua guru sekolah dasar menanamkan nilai-nilai yang baik dalam pengaturan karakter siswa mereka. Namun, ini hanya tambahan yang tidak termasuk dalam kurikulum atau rencana pelajaran. Oleh karena itu, perlu mengoptimalkan pendidikan karakter dalam pembelajaran agar siswa dapat merasakan gema pengembangan karakter melalui pembelajaran.

Era Globalisasi Menghasilkan SDM

Di era globalisasi saat ini, bangsa kita telah mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam jumlah yang memadai, tetapi dalam hal kualitas, sumber daya manusia masih perlu dikembangkan untuk bersaing dengan negara berkembang atau bahkan negara. maju. Selain sumber daya manusia seperti itu, masih ada sesuatu yang penting untuk disoroti; ini untuk menghasilkan sumber daya manusia yang etis, bermoral, berpendidikan dan mampu berinteraksi secara tepat dengan masyarakat, namun tetap berpegang pada kepribadian bangsa. Dengan kata lain, bangsa kita menginginkan pembentukan bangsa generasi baru yang karakter dan kualitas moralnya cerdas secara intelektual. Ada banyak contoh siswa yang pandai, tetapi moral tidak baik, sehingga mereka tidak dapat diharapkan menjadi generasi berikutnya yang dapat membangun bangsa kita.

Menurut Penelitian dari Universitas Harvard di Amerika Serikat

Kesuksesan seseorang ditentukan tidak hanya oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (keterampilan fisik), tetapi juga oleh kemampuannya untuk mengelola dirinya sendiri dan orang lain (keterampilan sosial). ). Studi ini mengungkapkan bahwa keberhasilan hanya ditentukan oleh 20% dengan keterampilan sulit dan 80% sisanya dengan keterampilan lunak. Bahkan orang yang paling sukses di dunia dapat berhasil karena mereka mendukung keterampilan yang lebih lunak daripada keterampilan yang sulit. Ini berarti bahwa siswa sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan karakter, karena akan sulit bagi otak besar tanpa kepribadian yang baik untuk diterima di komunitas nasional dan internasional.

Karakternya, Dewa Tertinggi, adalah nilai-nilai perilaku manusia yang muncul dengan dirinya sendiri, orang lain, norma lingkungan, norma agama, hukum, etiket, pemikiran berbasis budaya, sikap, emosi, kata-kata dan tindakan. dan bea cukai.

Pengertian Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter adalah sistem yang mencakup nilai-nilai karakter untuk anggota sekolah, komponen pengetahuan, hati nurani atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai ini terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), yang lain, lingkungan dan kebangsaan. jadi dia menjadi bir hidup sampai semangatnya. Dalam pendidikan karakter di sekolah, pendidikan itu sendiri, yaitu, isi kurikulum, proses pembelajaran dan evaluasi, kualitas hubungan, penanganan atau pengelolaan mata pelajaran, manajemen sekolah, pelaksanaan kegiatan atau kegiatan kurikulum . meningkatkan infrastruktur, pembiayaan, dan etos kerja semua warga negara dan lingkungan sekolah.

Baca Juga Artikel Lainnya :